• Jelajahi

    Copyright © Kompaz
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    5 Cara mudah untuk mengatasi HP Android Lemot

    Maks Design
    Friday, December 20, 2019, December 20, 2019 WIB Last Updated 2020-01-16T04:46:30Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Cara mengatasi HP Android Lemot
    sumber: tribunnews.com

    Maks Pedia - Halo sob, Pada kesempatan kali ini Maks Pedia mau ngasih tau nih Tips Mengatasi Android Lemot. Nah masalah ini biasanya banyak disebabkan oleh berbagai hal, misalnya, umur HP, terlalu banyak menginstal aplikasi dan sebagainya.

    Perkembangan smartphone android yang begitu pesat pasti diringin dengan dampak negatif, Misalnya smartphone yang dirilis pada tahun lalu, sudah semakin lemot. Hal ini disebabkan karna beberapa aplikasi terbaru membutuhkan spek yang tinggi serta penggunaan RAM dan memori internal yang bertambah besar.

    Makanya banyak smartphone yang RAM nya kecil semakin hari semakin terasa lemot apalagi di jaman sekarang ini sudah ada Smartphone dengan RAM 12 GB,

    Penyebab Android Lemot


    Namun sebelum itu, kamu harus tahu juga apa sih yang memnjadi momok Android jadi lemot? Banyak hal yang bisa mempengaruhi android kamu lemot selain contoh diatas, diantaranya:

    Pertama, Kamu terlalu banyak menginstall aplikasi dan game pada HP android kamu, dengan begitu, kapasitas penyimpanan akan penuh dan HP kamu jadi lemot

    Kedua, HP kamu mempunyai RAM yang kecil, namun kamu sering menggunakan banyak aplikasi bersamaan, hal tersebut dapat memakan ruang RAM yang besar sehingga HP kamu lemot.

    Ketiga, Lupa mematikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang smartphone, hal ini juga dapat memakan ruang pada RAM kamu sehingga HP akan melambat.

    Ketiga masalah diatas sering gak sadar kita lakuin kan? Makanya malai sekarang berenti deh lakuin hal itu. Nah jika kamu sudah menghindari tiga masalah tersebut, saatnya mencoba cara ini biar HP android kamu makin ngacir..

    Cara mengatasi Android Lemot


    Banyak lho Cara Mengatasin Android Lemot, nah mungkin saja beberapa cara ini bisa kamu lakukan agar HP kamu semakin cepet. Yuk simak caranya:

    1. Perhatikan jumlah RAM


    Semua smartphone dibekali dengan spesifikasi berbeda, selain RAM, namun jumlah memori internal juga bisa berpengaruh pada peforma HP kamu, misalnya ketika memori internal kamu mau penuh, HP kamu bakalan lemot.

    Oleh karena itu, mengatasi android lemot sebaiknya hindari penggunaan memori yang berlebihan, dan sisakan ruang yang besar pada momori kamu.

    Namun, kalau kamu hobinya nyimpan data di HP sih sebainya menambah kapasitas memori eksternal yang gede, biar bisa mengurangi beban di HP kamu.

    2. Intall aplikasi multifungsi


    Dari pada kamu menginstall banyak aplikasi di HP dan sering membuat memori internal penuh, nah lebih baik install satu aplikasi saja, namun banyak fungsi. Misalnya jika android kamu sudah di root, intall aplikasi pihak ketiga seperti App2SD adalah jalan terbaik.

    Aplikasi tersebut mempunyai banyak fungsi seperti bisa melakukan partisi pada SD Card, membackup aplikasi, linke aplikas ke SD Card, dan masih banyak lainnya. Namun jika HP kamu belum diroot, maka aplikasi serupa yang bisa jadi alternatif adalah Clean Master.

    3. Gunakan 1 Antivirus saja

    Nah di Play Store sendiri banyak banget aplikasi Antivirus, Namun harus kamu ketahui jika pada setiap smartphone keluaran terbaru sudah di lengkapi antivirus loh, jadi sebisa mungkin hindarin penggunaan Antivirus lainnya. Buat kamu, cek terlebih dahulu pada HP android kamu, jika sudah di pastikan di punya aplikasi antivirus bawaan, baru deh install aplikasi di Play Store.

    Yang menjadi masalah saat intall dua antivirus, tentu saja penggunaan RAM yang membengkak dan bisa menyebabkan Android kamu lemot. Nah kalau satu kan jadi enteng.

    4. Jangan Install aplikasi gratisan / bajakan


    Menggunakan aplikasi gratisan emang enak sih, tapi harus kamu jika kamu install aplikasi gratisan harus siap menjadi kelinci percobaan, Pasalnya dalam aplikasi gratisan yang tersebar di Internet, kamu hanya dijadikan tester oleh pengembang aplikasi agar bisa mengetahui bugs yang ada pada aplikasinya.

    Selain itu, menginstall aplikasi tersebut juga bisa menjadikan HP kamu lemot karena banyak iklan didalamnya. Makanya agar kamu terhindar dari iklan gunakanlah pakai palikasi berbayar.

    5. Update software terbaru

    Yang terakhir adalah selalu pastikan jika ada update software terbaru pada HP android kamu. Jika ada, segeralah untuk lakukan update. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang ada pada HP kamu seperti bugs dan yang lainnya.

    Nah caranya kamu buka Settings > About > System Update > Cek for Updates.

    Cara ini juga harus kamu lakukan pada setiap aplikasi yang kamu intall. Nah untuk memastikanya selalu pantau pembaruan pada aplikasi yang ada di Play Store, jika mendapati update, maka segeralah melakukan update agar HP android kamu terhindar dari Lemot.

    Nah itulah dia cara mengatasi masalah Android Lemot, semoga dengan cara yang telah Maks Pedia berikan bisa mengatasi masalah lemot pada Android kamu, namun, jika cara diatas masih belum berhasil, Mungkin yah udah saatnya HP android kamu diganti sama yang baru.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +